Home > Tips Komputer dan Internet > 5 Langkah Menghemat Pemakaian Sumberdaya Laptop

5 Langkah Menghemat Pemakaian Sumberdaya Laptop

Menghemat pemakaian baterai laptop adalah tuntutan bagi anda yang menghargai efisiensi. Tidak jarang terjadi bahwa sebenarnya laptop masih sangat bagus tetapi baterai sudah kalah. Mau beli baterai baru mahal, tetapi itulah harga dari sebuah kecerobohan. Buntut-buntutnya beli aja laptop yang baru. Bagaimana cara menghemat baterai laptop? Itulah masalahnya dan itulah yang akan saya bahas kali ini. Ada 5 tips cara merawat baterai laptop yang akan saya uraikan dibawah ini.

  1. AturPower Consumption. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengakses dan mengatur pilihan manajemen power pada Windows. Untuk pengguna Windows XP, cukup klik pada Start dan pilih Control Panel. Klik Performance and Maintenance kemudian Power Options. Anda akan menemukan banyak skema manajemen daya disini, silakan memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.
  2. Hibernate Atau Standby Mode. Bila memungkinkan, cobalah untuk mengatur laptop Anda ke posisi Hibernation bukan Standby Mode. Hibernation adalah sebuah fasilitas dimana ketika anda menunda pekerjaan dan mengistirahatkan computer maka ketika anda menggunakan kembali computer fasilitas ini akan mengembalikan anda keposisi semula. Modus Standby Mode memang restart lebih cepat tetapi mengkonsumsi lebih banyak daya.
  3. Lakukan satu saja pekerjaan pada waktu yang sama. Percaya atau tidak, jika anda membuka beberapa program pada saat bersamaan akan membuat CPU lebih sibuk dan akan memakan lebih banyak sumber daya baterai. Cobalah untuk menggunakan satu saja program pada satu kesempatan. Tutup salah satu program sebelum anda pindah ke program berikutnya.
  4. Matikan Wireless Networking. Masalah lain yang sering mengkonsumsi listrik di laptop Anda dan tidak anda sadari adalah Anda koneksi WiFi. Cobalah untuk mematikan ini jika anda tidak menggunakan koneksi nirkabel Anda. Saya juga menyebutkan tip ini di sini, karena ini adalah salah satu cara terbaik menghemat untuk laptop. Mengapa? Ketika anda menjalankan wifi maka akan selalu terjadi komunikasi antara laptop anda dengan wifi dan itu sangat memakan sumber daya laptop. Itulah juga sebabnya maka sangat dianjurkan untuk mematikan HP di lokasi dimana tidak ada signal karena akan membuat HP jadi panas dan bisa merusak HP.
  5. Turunkan Display Brightness. Memang jika layar sangat terang mungkin dari satu sisi adalah baik karena gambar sangat jelas, tetapi ingat bahwa semakin terang layar laptop akan semakin menghabiskan sumber daya baterai. Jadi sebagiknya turunkan display brightness laptop anda dan baterai laptop akan awet.

Saya berharap bahwa artikel ini bisa membantu anda untuk menghemat uang pembelian baterai laptop. Jika ada ide atau pengalaman lain, monggo….masukkan dalam komen anda.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: